Minggu, 09 Oktober 2011

Yuk, Berbakti Kepada Orang Tua

Apa kamu bangga mempunyai orang tua seperti orang tuamu?
Jika ia , tentu kamu ingin sekali menjadi anak yang berbakti kepada mereka.
Ada satu hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Dari Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah saw., ‘Amalan apakah yang dicintai oleh Allah?’ Beliau menjawab, ‘Sahalat pada waktunya. ‘Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Berbakti kepada orang tua. ‘Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apalagi?” Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah.’”
“Ya. Sesungguhnya hadits-hadits yang menjelaskan bakti kepada orang tua sangat banyak. Kita sebagai anak diwajibkan berbakti kepada orang tua.
Kita di suruh berbakti kepada orang tua bukan hanya saat mereka hidup, bahkan bila mereka sudah meninggal pun kita tetap harus berbakti kepada keduanya. Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi r.a., ia berkata, “Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah saw., tiba-tiba datang seorang laki-laki dari (suku) bani Salamah lalu berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah masih ada sesuatu yang dapat aku lakukan untuk berbakti kepada kedua orang tuaku setelah keduanya wafat?’ Beliau bersabda, ‘Ya, yaitu mendoakan keduanya, memintakan ampun untuk keduanya, menunaikan haji keduanya setelah mereka tiada, menyambung persaudaraan yang tidak disambung kecuali karena keduanya, dan memuliakan kawan keduanya.’ Itulah hadits riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban di dalam Sahihnya.”
So, sayangi dan jaga orang tuamu selagi masih ada. Selalu berikan yang terbaik bagi mereka, dan jangan pernah membuat mereka terluka sedikitpun. Berikanlah selalu senyuman dan kebahagiaan… J
     _quRey_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar